Header Ads

Sri Mulyani Mentri Ekonomi TERBAIK Di Dunia

Sri Mulyani pernah 'menegur' Presiden AS Barack Obama di acara G20 tahun 2009. Obama mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada Presiden SBY. Simak ulasan Chatib Basri tentang Sri Mulyani.

Ketika mendengar bahwa Sri Mulyani mendapat penghargaan sebagai Menteri terbaik dunia di World Development Summit di Dubai, saya tak terlalu terkejut. Bahkan mungkin, menurut saya, penghargaan ini agak terlambat. Seharusnya ia memperoleh predikat itu sejak beberapa tahun lalu.

Sri Mulyani Mentri Ekonomi TERBAIK Di Dunia
Foto Reuters

Mengapa? Banyak studi yang menunjukkan bahwa salah satu pilar utama stabilitas makroekonomi Indonesia adalah stabilitas fiskal.

Ketika Sri Mulyani kembali ke Indonesia untuk menjadi Menteri Keuangan pada tahun 2016, ia memastikan bahwa kebijakan fiskal kita kredibel. Secara berani ia memotong anggaran sekitar Rp140 triliun, untuk memastikan bahwa anggaran pemerintah realistis, kredibel dan memberikan fondasi yang kokoh bagi struktur ekonomi Indonesia.

Tentu tak semua setuju. Kebijakan ini dianggap procyclical, tidak mendorong pertumbuhan. Padahal dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat, yang harus dilakukan adalah ekspansi fiskal.

Selengkapnya BACA DISINI
Loading...

No comments