Header Ads

Bro n Sis! Selamat datang di Portal Info dan Sejarah

Bro n Sis! Selamat datang di Portal Info dan Sejarah


Kami menyajikan berbagai informasi dan sejarah untuk menambah pengetahuan tentang peristiwa yang sedang ataupun yang telah berlangsung hingga berabad-abad yang lalu.

Info yang akan kami ketengahkan berasal dari peristiwa di lingkungan masyarakat, juga tentang panggung politik, alutsista, olahraga, peristiwa alam, dunia entertainment baik dalam dan luar negeri dan lain-lain. Agar kita bisa mengetahui apa yang belum kita ketahui, mengambil hikmah dan pelajaran dari berbagai peristiwa untuk bisa dijadikan bahan pertimbangan kita semua dalam mengambil keputusan, juga membantu kita mengetahui situasi di sekitar kita melalui info orang lain atau media informasi.

Bro n Sis! Selamat datang di Portal Info dan Sejarah.
Gambar Ilustrasi: google.com

Mengapa Sejarah? Ahh.... sejarah...itu-itu saja yang diulang-ulang...mungkin inilah yang muncul di benak sebagian orang ketika mendengar kata sejarah. Tapi menurut kami dan tentunya Bro n Sis...sejarah sangatlah penting. Kita bisa mempelajari peristiwa-peristiwa masa lampau dari sejarah. Kita bisa tahu bahwa pasukan Mongol yang dahsyat pernah dikalahkan oleh pasukan Raden Wijaya. Kita bisa tahu bahwa pasukan Cornelis de Houtman dapat dengan mudah dihancurkan oleh pasukan Aceh yang dipimpin Laksamana Malahayati. Itu semua ada dalam sejarah. Dan tentunya masih banyak lagi kisah kisah yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dalam masyarakat khususnya generasi penerus bangsa.

Pelajaran sejarah meningkatkan kesadaran bagi para generasi muda untuk memahami sejarah termasuk peninggalannya. Beberapa hari yang lalu ada klaim yang viral yang mengundang tawa penghuni dunia maya. Katanya Mahapatih Gajah Mada nama aslinya Gaj Ahmada. Hahaha....Entahlah para koplak itu punya tujuan apa, tapi yang jadi pertanyaan kenapa yang diklaim hanya Gajah Mada saja sementara yang lain tidak? Bukankah di era Singasari/majapahit ada juga tokoh yang bernama Kebo Iwa, Lembu Sura, Kebo Anabrang dan lain-lain. Dan tampaknya nama para tokoh itu juga menggunakan nama binatang, ya....nama orang menggunakan nama binatang seolah sedang trendy pada jaman itu. Inilah satu hal yang dilupakan oleh para pengklaim koplak  itu... bahkan di dataran Amerika sendiri ada seorang kepala suku Indian yang bernama Sitting Bull (kompasiana.com/fey). Kini klaim Gajah Mada adalah Gaj Ahmada telah terkapar di atas kanvas. Knocked Out, karena para koplak itu tidak memahami sejarah.

Manusia sebagai individu maupun bangsa pasti memiliki sejarah masing-masing. Jangan sekali-kali melupakannya (:Bung Karno) karena banyak pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa-peristiwa yang kita lalui untuk menjadi manusia, serta bangsa yang lebih baik di masa depan.

Sekian, mohon maaf jika ada salah-salah kata.

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Loading...

No comments