Header Ads

TERIAK-TERIAK PKI, BESAR MULUT

TERIAK-TERIAK PKI, BESAR MULUT


1. Saya punya Paklek bernama Kiai Lukman dari Sugihwaras, Prambon, Nganjuk. Almarhum termasuk salah satu eksekutor muda untuk wilayah Prambon saat era 1965. Masyarakat Sugihwaras dan sekitarnya sudah tahu. Pendekar Haji Amin (mindoan saya yang juga keponakan Paklek Lukman) malam ini saya tanya tentang sepak terjang Kiai Lukman, beliau berkata, "Kalau itu (sebagai eksekutor) sudah terkenal banyak yang cerita, bahkan yang cerita bukan hanya orang Sugihwaras saja, tapi juga lain desa. Ke saya juga sering cerita  tentang kisah 1965-1966. Pedangnya (alat eksekutor) saya yang membuang."

2. Di antara yang saya ingat dari banyak hal yang  diceritakan ke saya adalah ucapan Kiai Lukman,  "Orang Masyumi itu kakean cangkem (besar mulut), ramai teriak menentang PKI bahkan seakan NU pro PKI karena Nasakom. Tapi saat di lapangan, yang membasmi PKI  adalah kita-kita  ini."

3. Kita memang dikenal fleksibel. Kiai Wahab Chasbullah bergaul biasa dengan orang nasionalis termasuk dengan PKI. Bahkan Kiai Wahab digelari kiai Nasakom walau bukan dalam arti pro komunis. Kiai Wahab berada dalam lingkaran mereka untuk mendampingi Soekarno dan sangat mungkin untuk menyelami pikiran dan strategi PKI. Setelah itu Kiai Wahab tegas menolak PKI di seluruh Indonesia. Bahkan ada kisah tentang PKI Kediri. Komandan korem Kediri kala itu Willy Sujono dipanggil presiden Soekarno ke istana negara dan ditanya mengapa anggota PKI di Kediri banyak yang dihabisi? Dengan tegas Willy Sujono menjawab bahwa tindakan itu atas restu Kiai Mahrus Ali serta Kiai Wahab Chasbullah Tambakberas Jombang. Sekalipun demikian,  banyak anak turun PKI yang diampuni dan dipelihara serta bertetangga baik dengan warga NU.

4. Sebenarnya sebagai muslim perlu merenung,  anak dari  orang tua yang salah atau pernah ikut PKI atau DI/TII apakah harus dimusuhi?, padahal anaknya tidak ikut jejak orang tua.

5.  Saya tidak ingin berpolemik tentang benar tidaknya kisah di film PKI, yang pasti di akar rumput waktu itu memang ada friksi panas antar warga, utamanya kalau di Jawa Timur adalah warga NU vs PKI.

TERIAK-TERIAK PKI, BESAR MULUT


Loading...

No comments