Header Ads

Begini Saat Bom Atom Akan Dijatuhkan Ke Hiroshima

Persiapan dan penyetingan  “Little Boy” pada tahun 1945 menjelang dijatuhkan di Hiroshima. Little Boy adalah bom atom (senjata nuklir) pertama dari dua yang pernah digunakan semasa terjadinya perang dunia ke dua yang meluluhlantakkan Hiroshima.

Little Boy memiliki panjang hingga 3 meter, lebar 71 cm, serta berat totalnya mencapai 4000 kg. dalam Little Boy, terdapat sekitar 235 bahan materi yang dibagi menjadi dua bagian. Untuk bagian pertama adalah Proyektil yang terdiri dari silinder berongga dengan 60 % dari total massa ( 38,5 kg (85 lb) guna meledakan sub-massa kritikal uranium-235 serta tiga Uranium -235 dalam ring bagian target untuk menjadi super-massa kritikal, mengawali reaksi berantai nuklir. Selain itu ada pula 60 kg Uranium -235, di mana 0,7 kg mengalami reaksi fissi.

Diperkirakan pula Ledakan dari Little Boy ini cukup menghasilkan sekitar 13 kiloton TNT, atau sekitar 5,5×1013 joule = 55 TJ (terajoule). Akibat dari nom atom ini cukup besar, karena sekitar 70 ribu orang meninggal langsung dan lainnya meninggal karena efek radiasi dari jejatuhan Nuklir dan karena kanker. Little Boy dijatuhkan dari sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak pada 8.15 pagi (waktu Jepang) ketika dia mencapai ketinggian 550 meter.

Sumber foto : http://www.atomicarchive.com/History/mp/Images/SB51.jpg

Repost dari https://www.facebook.com/yarman.mourly

Begini Saat Bom Atom Akan Dijatuhkan Ke Hiroshima

Loading...

No comments