Header Ads

Ada Gunung Es Terbelah Di Antartika, Ada Sesuatu Yang Terungkap..Apakah itu ?

Sebuah gunung es raksasa memisahkan diri dari lapisan es di Semenanjung Atartika pada Juli lalu. Terbukanya gunung es itu mengungkap adanya ekosistem bawah laut yang tersembunyi selama ribuan tahun.
Gunung es yang dikenal dengan sebagai A-68, bergerak menjauh dari lapisan es Larsen C dan masuk ke Laut Weddell.

Sebuah gunung es raksasa memisahkan diri dari lapisan es di Semenanjung Atartika pada Juli lalu.

Area yang awalnya tertutup es ini pun akhirnya menyingkap dasar laut seluas 5.800 kilometer persegi yang selama ini terkubur di bawah es sampai 120.000 tahun lamanya tanpa cahaya sedikitpun.

Tentunya peristiwa ini membuat ilmuwan sangat antusias untuk segera menjelajah daerah baru tersebut.

"Ini tempat yang fantastis dan area yang belum pernah diketahui untuk penelitian ilmiah," kata Susan Grant, ahli biologi kelautan British Antarctic Survey (BAS).

"Kita hanya tahu sedikit soal apa yang mungkin tinggal disana, terutama bagaimana mereka berubah dari waktu ke waktu," katanya dikutip dari Livescience, Rabu (4/10/2017).

"Ada area luas yang tertutup selama ribuan tahun. Kami tahu perubahan fisik yang kemungkinan besar akan terjadi saat es bergerak menjauh," tambah Grant.

Pengetahuan ilmiah mengenai ekosistem di bawah lapisan es Antartika masih terbatas dari hasil dua ekspedisi Jerman ke area Larsen A dan Larsen B, yang terletak di utara Larsen C.

Loading...

No comments